Pages

LIFELONG LEARNING - BELAJAR SEUMUR HIDUP

Monday, July 18, 2016

PEMBELAJARAN BERBASIS IT ITU PENTING DI DUNIA PENDIDIKAN SAAT INI

Perkembangan penggunaan teknologi internet dan web sedemikian cepat diikuti dengan
perkembangan inovasi-inovasi teknologi internet dan komunikasi data. Seiring juga pembangunan aplikasi dan sistem informasi sudah berbasiskan kepada teknologi internet. Banyak hal yang dapat dilakukan dan kemudahan yang diperoleh mellaui teknologi internet ini misalnya pembelajaran jarak jauh atau e-learning. E-learning adalah cara baru dalam proses pembelajaran yang merupakan konsekwensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Keinginan dan kebutuhan untuk emncari alternatif sistem pendidikan dengan biaya yang lebih murah telah menjadi pemicu utama yang mendorong banyak penyelenggara pendidikan di seluruh dunia untuk menerapkan sistem pendidikan jarak jauh (e-learning).
Berbeda dengan sistem pendidikan tatap muka dimana proses pembelajaran terjadi dimana seorang pengajar berhadapan langsung dengan sejumlah siswa. Guru menyampaikan aemua materi pelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum, sehingga tidak semua materi dapat dicatat oleh siswa. Bagi siswa yang orangtuanya punya kemampuan di bidang ekonomi bisa membeli buku. Tapi bagi siswa yang orangtuanya lemak di bidang ekonomi tidak punya kemampuan untuk membeli buku untuk putra-putrinya. Kesenjangan ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan turunnya kualitas pendidikan. Untuk  mengurangi kesenjangan tersebut di atas, diperlukan adanya kombinasi antara kedua system pendidikan tersebut, yaitu menyediakan bahan pembelajaran yang dapat diakses secara online dan offline.

Kualitas sumber daya manusia yang tangguh, unggul, kreatif dan berdaya saing tinggi
merupakan asset yang sangat penting bagi kehidupan. Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas SDM. Oleh karena itu perlu diupayakan alternative system pendidikan dengan biaya murah tetapi dapat emningkatkan kualitas SDM. Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dengan menerapkan system pendidikan jarak jauh (e-learning).

Syarat terwujud nya pemanfaatan IT di dunia pendidikan saat ini diantaranya yaitu :
  • Adanya akses teknologi internet untuk dosen maupun guru atau siswa maupun mahasiswa baik di dalam kelas, maupun dilingkungan universitas ataupun sekolah yang memadai.
  • Adanya materi yang bermutu baik bagi dosen dan guru serta siswa.
  • Dosen dan Guru harus produktif terhadap perkembangan IT secara continue.

Dalam memanfaatkan sistem pembelajaran berbasis IT (e-learning) harus mampu menggunakan teknologi, agar mahasiswa atau siswa dapat menyerap pembelajaran, diantara nya yaitu :
  • Presentasi, adalah cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop, LCD Projector
  • Demontrasi, biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan didepan kelas, misalnya eksperimen. kita bisa membuat suatu film dengan cara melakukan kegiatan. misalnya cara melakukan penginstalan komputer/laptop yang benar, atau cara pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagaian kegiatan yang penting.
  • Kelas Virtual, maksud kelas virtual disini adalah mahasiswa atau siswa belajar mandiri yang berbasiskan web, misalnya menggunakan moodle.
  • Virtual Experimen, maksud dari virtual experimen disini adalah suatu kegiatan laboratorium yang dipindahkan didepan komputer. mahasiswa atau siswa dapat melakukan kegiatan experimen dengan memanfaatkan software virtual experimen misalnya Crocodile Clips.

Dari beberapa manfaat Pembelajaran berbasis IT (e-learning) yang telah disebutkan diatas, maka akan berimbas terhadap potensi IT dalam dunia pendidikan diantaranya : 
  1. Perluasan kesempatan pendidikan
  2. Meningkatkan efisiensi
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran
  4. Meningkatkan kualitas pengajaran
  5. Formulasi dan fasilitasi ketrampilan
  6. Mempertahankan Lifelong Learning (belajar seumur hidup)
  7. Meningkatkan perencanaan dan manajemen kebijakan
  8. Memajukan hubungan masyarakat.


0 comments:

Post a Comment