Pages

LIFELONG LEARNING - BELAJAR SEUMUR HIDUP

Thursday, June 16, 2016

DOSEN HARUS MAMPU MEMANFAATKAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA – Jilid 5

Meskipun mahasiswa tidak memiliki blog atau modem untuk mengakses internet, mahasiswa  tetap bisa mengirimkan secara gratis dengan memanfaatkan fasilitas komputer dan akses internet yang disediakan oleh pihak kampus, walaupun akses untuk mengakses internet agak sedikit lelet.

Kelemahan dan hambatan dalam memanfaatkan media blog bagi mahasiswa

Beberapa kelemahan dalam pemanfaatan media blog bagi mahasiswa adalah meskipun blog merupakan salah satu media penunjang dalam sebuah pembelajaran. Hal ini disebabkan karena tidak semua mahasiswa memiliki laptop pribadi, jadi sulit jika harus mewajibkan mahasiswa memanfaatkan media blog pada proses pembelajaran dalam ruang kuliah. Selain itu, koneksi internet belum sepenuhnya bisa menunjang walaupun telah dilengkapi dengan free wifi.

Beberapa hal yang tersebut diatas menjadi penghambat dalam pemamfaatan media blog bagi mahasiswa adalah perasaan kurang percaya diri akan kemampuan yang dimiliki untuk memanfaatkan teknologi internet (gagap teknologi atau gaptek) khususnya dalam memanfaatkan media blog. Kecenderungan kelompok mahasiswa yang demikian ini adalah menjadi “penggembira” atau “Penonton” dikalangan teman-temannya sewaktu mereka harus melakukan akses internet dan blogging.

Kreativitas Mahasiswa

Media blog mendorong mahasiswa untuk belajar mandiri, hal tersebut diketahui bahwa
secara tidak langsung ternyata media blog yang dibuat oleh dosen bisa mendorong mahasiswa untuk tetap rajin masuk dan mengikuti materi kuliah meskipun mereka tidak tahu bahwa dosen mereka tidak hadir, hal tersebut juga mereka lakukan dengan cara mahasiswa tetap melaksanakan diskusi serta belajar baik didalam ruang perkuliahan maupun diluar perkuliahan sesuai dengan petunjuk dosen yang tertulis dalam media blog.
Media blog juga membantu mahasiswa untuk berani menyatakan pendapat, hal ini adalah problema antara dosen dan mahasiswa dalam berkomunikasi. Blog mampu memotivasi mahasiswa yang pemalu dan kurang percaya diri untuk berdiskusi. Banyak mahasiswa yang merasa malu atau kurang percaya diri ketika diminta untuk memberikan pendapatnya dalam kegiatan diskusi dalam ruang kuliah secara verbal. Masalah tersebut dapat diatasi dengan meminta mahasiswa untuk mengungkapkan idenya dalam bentuk tulisan melalui blog.

Media blog membantu perkembangan kreativitas mahasiswa dalam karya tulis, dimana dalam sebuah blog terdapat fasilitas yang dapat memperlihatkan tulisan seseorang secara langsung di internet dan dapat diakses oleh setiap pengguna internet dari seluruh dunia. Hal ini memungkinkan adanya komunikasi antar sesama mahasiswa, dosen dan pengguna internet lainnya. Sehingga tulisan dalam blog juga dapat lebih berkembang dengan adanya komentar-komentar dari pengguna blog lainnya dan memungkinkan terjadinya diskusi secara online. Adanya dorongan bahwa apa yang mereka tulis akan dibaca oleh banyak orang sehingga mahasiswa termotivasi untuk membuat karya ilmiah yang lebih baik lagi karena yang mengkoreksi adalah banyak orang bukan hanya dosennya. Hal demikian itulah yang memungkinkan mahasiswa bisa meningkatkan hasil tulisannya agar lebih baik.
Dengan kreativitas diharapkan suatu aktivitas lebih bersigat aktif, dinamis, menggairahkan dan pada akhirnya mengarah pada pencapaian kualitas hasil yang diharapkan. Bahkan dengan mewujudkan kreativitas yang berkesinambungan, diharakan akan mencapai hasil dan tujuan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Tidak terkecuali dengan kedudukan dosen sebagai pihak yang berada paling depan dalam kegiatan belajar mengajar dikampus amat dibutuhkan akan adanya kemampuan dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kreativitas anak didiknya. Beberapa kemampuan yang harus di miliki oleh seorang dosen yaitu :
  • -      Kemampuan penguasaan bahan kajian (kompetensi profesional)
  • -      Kemampuan pengelolaan pembelajaran (kompetensi pedagogik)
  • -      Kemampuan pengembangan diri (kompetensi personal/kepribadian)
  • -      Kemampuan bermasyarakat (kompetensi bermasyarakat)

Termasuk juga kemampuan dalam memanfaatkan media baik blog dan media lainnya. Mengingat pentingnya penggunaan media, maka setiap dosen harus selalu menggunakan
media dalam setiap proses pembelajaran salah satu daiantaranya memanfaatkan media blog. Oleh karena itu dosen di tuntut untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media dalam proses pembelajaran serta menguasai keterampilan dalam menggunakannya. Karena media dalam proses belajar mengajar merupakan bagian yang integral dalam proses interaksi antara dosen dengan mahasiswa dalam proses pembelajaran, penggunaan media dalam proses pembelajaran juga menuntut dan memerlukan kreativitas dosen agar mampu mencari, membuat, menyediakan dan menggunakannya, sehingga dapat membantu kelancaran dan keberhasilan proses pembelajaran.

Karena itu, seorang dosen hendaknya dapat mengusahakan, meneyediakan, memanfaatkan serta meningkatkan penggunaan media pembelajaran pada setiap kegiatan belajar mengajar. Tentunya dosen juga harus mampu bagaimana cara menggunakannya dan juga memilih media sebagai tempat proses belajar mengajar. Penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat penting karena dengan adanya media, selain dapat membantu dosen dalam menyampaikan materi pelajaran juga dapat membantu mahasiswa dalam menerima pelajaran dengan baik sekaligus dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran.

0 comments:

Post a Comment