Pages

LIFELONG LEARNING - BELAJAR SEUMUR HIDUP

Saturday, June 11, 2016

SISTEM BELAJAR CASH FLOW.... ! MAU BERHASIL BACA SAMPAI HABIS

Wah........ sobat mahasiswa semua nya khusus nya mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Prodi Teknik Informatika dan Manajemen Informatika. Ujian Final Semester Genap Tahun 2015/2016 telah dekat nih... ayoooo persiapkan diri anda untuk menyambut final akhir semester nih..

Dimana ujian akhir semester akan dilaksanakan pada bulan Juni 2016 nih, bertepatan dengan bulan suci ramadhan nih, jangan lengah dan lesu ya sobat mahasiswa semua.... tetap semangat walaupun sedang menjalankan ibadah puasa....... 

Ups.... jangan lupa tuh ingat batal puasa ya.... khusus bagi sobat mahasiswa yang telah membuat catatan kecil (konsep/kopeaan nih) hahahahahaa..... penulis dulu juga pernah kayak gitu lo.... tapi tidak di bulan puasa nih.... jadi harus pintar-pintar ya.... 

Penulis hanya mengingatkan ni... tidak baik sebenar nya melihat catatan kecil nih yang telah sobat persiapan sebelum final di mulai ni. yang ada membuat sobat semua menjadi tak terarah lo.. karena pada saat mengerjakan soal-soal final yang ada dalam benak kita adalah catatan kecil yang telah kita siapkan sebelum ujian berlangsung. hal itu penulis alami sendiri lo.. ternyata melihat catatan kecil itu hanya lah jebakan belaka. 

Intinya adalah apa bila sobat mahasiswa semua ingin pintar lakukan lah belajar cash flow (Aliran Kas) ya sobat mahasiswa semua... mau tau nih apa yang di maksud dengan belajar cash flow. nah penulis akan menerangkan sedikit tentang sistem belajar cash flow. hal ini penulis berikan berdasarkan pengalaman penulis. ternyata sistem belajar cash flow ini bisa di jalankan dan akan berhasil lo...... ?

Nah.... kalo pengertian cash flow berdasarkan ahli akuntansi atau mahasiswa yang belajar akuntansi yaitu : sejumlah uang kasi yang keluar (kredit) dan yang masuk (debit) sebagai akibat dari kegiatan / aktifitas atau transaksi bisnis perusahaan atau usaha termasuk juga berapa saldo setiap periode lo..... 

mmmmmm... itu kan definisi bagi mahasiswa akuntansi atau konsultan akuntansi.... nah kalo bagi penulis sendiri cash flow itu sistem belajar yang diberikan dan yang di terima sehingga menghasilkan sebuah pemahaman terhadap sesuatu yang di pelajari lo.... (ini definisi berdasarkan penulis ya sobat eheheheehehe... sok pintar dikit kan ngak apa-apa)

nah, beberap sistem belajar cash flow itu dapat penulis jabarkan diantaranya yaitu :
  1. Belajar selama satu semester, dimana seorang pendidik atau dosen memberikan setiap materi berdasarkan mata kuliah yang diampu oleh dosen tersebut (ups.... kadang adda juga dosen nya jarang masuk ya sobat, kayak penulis hahahahha) tapi jangan takut lo itu bukan berarti sobat akan gagal dalam belajar lo, karena ada beberapa pengajar juga menginginkan mahasiswa atau peserta didiknya untuk belajar mandiri dengan memberikan tugas atau perkuliahan secara online, kenapa hal itu dilakukan agar mahasiswa terbiasa menggunakan teknologi masa kini lo... (ups... ternyata masih banyak juga nih yang gaptek lo...... ) ingat kita mahasiswa komputer.
  2. setelah mendapatkan apa yang diberikan oleh pendidik selama satu semester ternyata banyak juga sobat mahasiswa yang lupa lo. kalo yang diberikan setiap pertemuan itu disebut dengan arus masuk (debit). kenapa penulis katakan seperti itu, karena pada pertemuan selanjutnya, pada saat di lakukan review terhadap pertemuan minggu lalu masih ada juga sobat mahasiswa yang lupa .. hahahahahahaha... itu biasa kan.. namanya juga belajar... penulis juga dulu alami seperti itu.
  3. nah setelah proses belajar selama satu semester, tibalah saat nya evaluasi. dimana evaluasi dilakukan yaitu dengan melaksanakan ujian final, nah itu penulis sebuat dengan arus keluar (debit). ups.. ternyata pada saat dilakukan ujian final, masih banyak juga sobat mahasiswa yang gagal tuh dengan mendapat kan nilai minimal.. hahahahahaha... itu juga biasa namanya juga proses belajar.. bener tidak?
  4. nah setelah melaksanakan proses belajar selama 3,5 tahun atau 5 tahun atau bahkan ada juga yang 7 tahun lo untuk mendapatkan gelar sarjananya. tiba lah saat nya mencari atau melamar pekerjaan, nah disini penulis menyebutnya saldo akhir. kok gitu.. pasti pada nanya kan.. ? ya donk, saat di lakukan interview / wawancara melamar pekerjaan banyak dari sobat mahasiswa yang gagal sehingga tidak diterima ditempat yang telah dilamar, kok bisa gitu... nah itu lah dia berarti cash flow nya tidak bagus tuh.. hahahahahahaha.... akhirnya jadi pengangguran.
nah berdasarkan paparan dari cash flow menurut penulis diatas, dapat disimpulkan bahwa banyak sobat mahasiswa yang tidak mampu menerapkan cash flow nya kedalam sistem belajar. mmmmm akhirnya gagal tuh. ups... tapi jangan takut lo... penulis akan membagi nih bagai mana menerapkan cash flow yang baik dalam sistem belajar. mau tau.... ingat lo.... ujian final di depan mata nih.

Berikut beberapa trik agar sistem belajar cash flow berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang memuaskan.

  1. setiap materi yang di berikan (arus masuk/debit) harap sobat buka kembali setiap malam sehabis magrib dan sehabis subuh lo........ ups.. tapi jangan lupa baca bismillah dan doa belajar ya.... adakah yang masih ingat apa doa belajar... mmmmmmmm.... kalo ada yang lupa nih.. penulis review kembali ya.... (bukan bermaksud untuk mengajari ya...) Bismillahhirrahmannirrahim "Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnifahmaa"
  2. nah, lakukan hal itu setiap hari ya.. ingat jangan terlalu lama lo. ntar bisa pusing .... tapi lakukan proses poin ke satu di atas 1 - 2 jam saja setiap hari nya... untuk setiap mata kuliah yang telah di terima di siang harinya...
  3. lalu buat lah kesimpulan atau catatan atau rangkuman dengan sistem menbuat soal sendiri lalu menjawab sendiri, lakukan hal itu setiap 1 minggu sekali. itu penulis sebut dengan arus keluar (kredit), dimana hal itu akan mengasah otak kanan sobat untuk terus berfikir keras, tapi ingat setiap soal yang dibuat jangan pula menjawab nya dengan membuka catatan.. hahahaha itu sama aja dengan mencontek tapi orang lain tidak tahu... 
  4. nah... mau tau saldo akhirnya apa nih sobat... lakukan lah ketiga hal diatas yang telah penulis sebutkan secara rutin lo.... sobat akan merasakan manfaatnya disaat ujian pertengahan semester atau ujian akhir semester nih. dan juga apa yang telah sobat lakukan akan sobat rasakan disaat sobat melamar kerja tuh... penulis yakin sangat sobat mahasiswa akan menjadi generasi penerus yang mumpuni. Insya Allah.
ibarat kata pepatah " Pisau yang tajam akan tumpul bila tak pernah diasah " begitu juga dengan apa yang telah di terima otak, bila tak pernah di buka kembali maka akan error tuh kayak komputer. hahahahaaha... alias LOLA (loading lambat).

penulis ingat sekali apa yang pernah di ucapkan dalam sebuah film layar lebar indonesia " MAU PINTAR YA BELAJAR " adalah sobat mahasiswa yang ingat apa judul film nya.... 

Ditunggu tuh di kolom komentar ya.... 









0 comments:

Post a Comment