Pages

LIFELONG LEARNING - BELAJAR SEUMUR HIDUP

Tuesday, June 14, 2016

DOSEN HARUS MAMPU MEMANFAATKAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA – Jilid 3


Pemanfaatan media blog bagi setiap dosen dalam situasi proses belajar mengajar mungkin belum bisa diterapkan, hal ini disebabkan karena koneksi internet yang ada dalam tiap ruang kuliah tidak memadai dan hal ini harus dapat di tingkatkan agar proses belajar untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam hal pemanfaatan media blog.

Beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan dalam pemilihan media dengan melihat jelas kelebihan dan kekurangan implementasi pemanfaatan media blog.
  1. Ketersediaan sumber setempat, artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada sumber-sumber yang ada maka harus dibeli atau di buat sendiri. Blog merupakan media yang tidak sulit dicari, cukup menggunakan komputer dan koneksi internet siapapun sudah bisa menggunakannya, tidak hanya dosen bahkan mahasiswa juga bisa.
  2. Apakah untuk membeli atau diproduksi sendiri telah tersedia dana, tenaga dan fasilitasnya. Akun blog mudah digunakan dan banyak tersebar di internet, weblog yang menyediakan layanan gratis, misalnya http://blog.namauniversitas.ac.id  Seharusnya universitas tempat bekerja nya dosen harus menyediakan layanan blog bagi para staff dan dosen. Dimana dengan menggunakan alamat tersebut dosen bisa membuat dan membuka blognya sendiri. Meskipun dana dari lembaga atau universitas belum ada untuk fasilitas koneksi pribadi. Apalagi saat ini banyak universitas sudah menggunakan free-hospot pada area kampus yang bisa dinikmati oleh siapapun baik dosen atau mahasiswa. Ya.. walaupun terkadang koneksi nya sering lelet atau troubleshooting.
  3. Faktor yang mempengaruhi keluwesan, kepraktisan dan ketahanan media yang digunakan untuk jangka waktu lama. Bisa dikatakan salah satu kelebihan dari media blog adalah keluwesan dan kepraktisannya yang bisa digunakan dan dibawa kemana-mana. Selain itu, blog juga merupakan media yang tahan lama, artinya bisa menyimpan file dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang panjang.
  4. Efektifitas dan efisiensi biaya dalam jangka waktu yang cukup panjang, sekalipun nampaknyaa mahal namun mungkin lebih murah dibandingkan media lainnya yang hanya dapat digunakan sekali pakai. Blog merupakan media yang cukup fleksibel bagi siapapun, seperti data yang diperoleh dimuka, diketahui bahwa blog efektif digunakan sebagai media pembelajaran diluar jam kuliah, efektif juga untuk membantu mengatasi problem ketidakhadiran dosen ketika terpkasa tidak dapat masuk pada jam kuliah. Jika berhubungan dengan efisiensi biaya dalam jangka waktu panjang, blog merupakan media yang dikategorikan murah. Berdasarkan pengamatan penulis mahasiswa tidak keberatan jika dosen nya menganjurkan untuk mengakses blog dan memiliki blog pribadi, disamping itu mahasiswa bisa meminimalisir biaya foto copy yang dibebankan untuk mengambil data dari dosen dan biaya ongkos jalan untuk ketemu dengan dosen yang tidak bisa hadir.

Berdasarkan teori dan pengamatan penulis, bisa diketahui bahwa blog sesungguhnya adalah media yang laayak di pilih karena alasan kemudahan, fleksibel, mudah dicari, murah, mudah dioperasikan, dan bisa digunakan oleh siapapun dan dimanapun baik dosen ataupun mahasiswa, dengan catatan ada komputer dan akses koneksi internet.

Dari pengamatan penulis dapat diketahui bahwa pada dasarnya yang menjadi tujuan utamapara dosen membuat blog dan memanfaatkannya sebagai salah satu media pembelajaran untuk memudahkan mahasiswa, dosen memberikan alternatif kemudahan jika ada kemungkinan mereka susah berkomunikasi dengan tatap muka. Selain itu, mereka juga berkeinginan agar dengan memanfaatkan media blog tersebut mahasiswa bisa lebih terbuka dengan ilmu pengetahuan dan memotivasi mahasiswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Memanfaatkan blog sebagai media aktualisasi diri. Dalam hal ini nge-blog adalah sebagai upaya mengekspresikan diri sendiri. Dalam artian melalui nge-blog seseorang akan menunjukkan kehadirannya dalam penafsiran tentang kehidupan, menyikapi terhadap sebuah pernyataan atau keadaan lingkungan dan pengembangan ilmpu pengetahuan mereka.

0 comments:

Post a Comment