Pages

LIFELONG LEARNING - BELAJAR SEUMUR HIDUP

Thursday, June 16, 2016

DOSEN HARUS MAMPU MEMANFAATKAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA – Jilid 4

Dosen tentunya harus mampu memanfaatkan media  blog sebagai media pembelajaran. Jika dihubungkan dengan kreatifitas mahasiswa, maka beberapa hal yang harus diperhatikan :

Pengetahuan mahasiswa tentang media blog.

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara penulis bahwa tidak semua mahasiswa sudah mengenal atau mengetahui blog. Ketika penulis menggali data dengan mahasiswa semester 1, diketahui bahwa sebagian besar mereka berasal dari kalangan sekolah yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Mahasiswa yang belum mengenal atau kurang mengerti tentang blog sebagaian besar adalah mahasiswa yang dulu nya berasal dari sekolah yang berbasis pondok pesantren. Bahkan ada yang masih belum bisa menggunakan atau sekedar mengoperasikan komputer dengan baik. Sebagaian dari mereka juga banyak yang belum memiliki komputer atau laptop pribadi, sehingga untuk mengerjakan tugas ada yang masih mengandalkan tukang rental (memanfaatkan jasa tukang ketik).

Sedangkan untuk semester lanjut seperti 3, 5, 7 dan seterusnya, hampir keseluruhan dari mereka sudah banyak yang mengenal tentang blog dan sudah mahir mengoperasikan komputer. Hal ini juga dikarenakan sebagian besar dari mereka sudah banyak yang memiliki laptop pribadi. Bahkan tak jarang dari mereka juga membawanya didalam ruang perkuliahan atau hanya sekedar membawanya ke kampus. Meskipun demikian, ternyata masih banyak juga dari mereka yang belum memiliki blog dan malas membuatnya.

Kelebihan memanfaatkan media blog bagi mahasiswa

Sesuai dengan data penelitian yang dilakukan penulis, ada beberapa kelebihan jika dosen mereka memiliki dan memanfaatkan media blog. Antara lain : memperkenalkan pada mahasiswa agar mereka bisa mengetahui perkembangan teknologi dan tidak hanya terpaku pada pembelajaran yang ada didalam ruang kelas. Sehingga mahasiswa termotivasi mencari informasi, refrerensi dan sumber belajar lain. Ketika dosen tersebut menyuruh atau memberikan dorongan kepada mahasiswa agar mencari sumber informasi dan sumber belajar lain sebagai wawasan dan pengetahuan mereka dan salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media blog.

Keuntungan lainnya adalah mahasiswa tetap bisa berkomunikasi dengan dosen tanpa harus terikat jam belajar dikampus dan mereka bisa mengakses sumber belajar dimanapun mereka berada tanpa harus susah-susah bertatap muka atau membuat janji untuk saling bertemu. Mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk mencetak ataupun mengcopi tugas buat mahasiswa yang lain, karena jika masing-masing mahasiswa atau dosen memiliki blog maka cuku dengan menautkan link atau menyebarkan alamat web, sehingga mahasiswa-mahasiswa yang lain bisa membaca dan mengunduhnya sendiri. Jika dosen berhalangan hadir didalam kelas, maka mahasiswa masih bisa melaksanakan diskusi dengan materi atau tugas yang di berikan dosen lewat blog dan sebaliknya mahasiswa tetap bisa melaporkan hasil diskusi atau pembelajaran dikelas melalui video atau file hasil diskusi kepada dosen secara langsung. Dengan membaca materi yang ditulis dosen diblog. Mahasiswa masih bisa mengikuti materi perkuliahan yang disampaikan oleh dosen apabila mahasiswa tersebut terpaksa berhalangan masuk kuliah.

Kelebihan lain yang bisa diandalkan dari sebuah blog adalah fasilitas penyimpanan yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya dan bisa di akses dimanapun, sehingga salah seorang bilang jika mereka memiliki flashdisk atau pun komputer pribadi untuk menyimpan file mereka, maka blog adalah alternatif nya. Jika dihubungkan dengan masalah financial, kebanyakan mahasiswa berpendapat bahwa memanfaatkan media blog dan memanfaatkan e-mail dirasa lebih ekonomis dari pada harus mencetak setiap tugas kuliah untuk dibagikan kepada teman-temannya atau diberikan kepada dosen.

0 comments:

Post a Comment