Dosen tentunya harus mampu memanfaatkan media blog sebagai media pembelajaran. Jika dihubungkan
dengan kreatifitas mahasiswa, maka beberapa hal yang harus diperhatikan :
Pengetahuan
mahasiswa tentang media blog.
Berdasarkan hasil
pengamatan dan wawancara penulis bahwa tidak semua mahasiswa sudah mengenal
atau mengetahui blog. Ketika penulis menggali data dengan mahasiswa semester 1,
diketahui bahwa sebagian besar mereka berasal dari kalangan sekolah yang
berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Mahasiswa yang belum
mengenal atau kurang mengerti tentang blog sebagaian besar adalah mahasiswa
yang dulu nya berasal dari sekolah yang berbasis pondok pesantren. Bahkan ada
yang masih belum bisa menggunakan atau sekedar mengoperasikan komputer dengan
baik. Sebagaian dari mereka juga banyak yang belum memiliki komputer atau
laptop pribadi, sehingga untuk mengerjakan tugas ada yang masih mengandalkan
tukang rental (memanfaatkan jasa tukang ketik).
Sedangkan untuk
semester lanjut seperti 3, 5, 7 dan seterusnya, hampir keseluruhan dari mereka
sudah banyak yang mengenal tentang blog dan sudah mahir mengoperasikan
komputer. Hal ini juga dikarenakan sebagian besar dari mereka sudah banyak yang
memiliki laptop pribadi. Bahkan tak jarang dari mereka juga membawanya didalam
ruang perkuliahan atau hanya sekedar membawanya ke kampus. Meskipun demikian,
ternyata masih banyak juga dari mereka yang belum memiliki blog dan malas
membuatnya.
Kelebihan
memanfaatkan media blog bagi mahasiswa
Sesuai dengan data
penelitian yang dilakukan penulis, ada beberapa kelebihan jika dosen mereka
memiliki dan memanfaatkan media blog. Antara lain : memperkenalkan pada
mahasiswa agar mereka bisa mengetahui perkembangan teknologi dan tidak hanya
terpaku pada pembelajaran yang ada didalam ruang kelas. Sehingga mahasiswa
termotivasi mencari informasi, refrerensi dan sumber belajar lain. Ketika dosen
tersebut menyuruh atau memberikan dorongan kepada mahasiswa agar mencari sumber
informasi dan sumber belajar lain sebagai wawasan dan pengetahuan mereka dan
salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media blog.
Keuntungan lainnya
adalah mahasiswa tetap bisa berkomunikasi dengan dosen tanpa harus terikat jam
belajar dikampus dan mereka bisa mengakses sumber belajar dimanapun mereka
berada tanpa harus susah-susah bertatap muka atau membuat janji untuk saling
bertemu. Mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk mencetak ataupun
mengcopi tugas buat mahasiswa yang lain, karena jika masing-masing mahasiswa atau
dosen memiliki blog maka cuku dengan menautkan link atau menyebarkan alamat
web, sehingga mahasiswa-mahasiswa yang lain bisa membaca dan mengunduhnya
sendiri. Jika dosen berhalangan hadir didalam kelas, maka mahasiswa masih bisa
melaksanakan diskusi dengan materi atau tugas yang di berikan dosen lewat blog
dan sebaliknya mahasiswa tetap bisa melaporkan hasil diskusi atau pembelajaran
dikelas melalui video atau file hasil diskusi kepada dosen secara langsung. Dengan
membaca materi yang ditulis dosen diblog. Mahasiswa masih bisa mengikuti materi
perkuliahan yang disampaikan oleh dosen apabila mahasiswa tersebut terpaksa
berhalangan masuk kuliah.
Kelebihan lain yang bisa
diandalkan dari sebuah blog adalah fasilitas penyimpanan yang bisa dimanfaatkan
oleh penggunanya dan bisa di akses dimanapun, sehingga salah seorang bilang
jika mereka memiliki flashdisk atau pun komputer pribadi untuk menyimpan file
mereka, maka blog adalah alternatif nya. Jika dihubungkan dengan masalah
financial, kebanyakan mahasiswa berpendapat bahwa memanfaatkan media blog dan
memanfaatkan e-mail dirasa lebih ekonomis dari pada harus mencetak setiap tugas
kuliah untuk dibagikan kepada teman-temannya atau diberikan kepada dosen.
0 comments:
Post a Comment