Media
yang paling sering digunakan oleh para pendidik atau Dosen dalam proses belajar
mengajar adalah video, powerpoint, LCD dan Laptop. Secara umum setiap dosen
pastinya memiliki gaya dan metode masing-masing dalam menyampaikan materi yang
diajarkan kepada mahasiswa, kemudian memanfaatkan dan memilih media sebagai
penunjang yang sesuai dengan kebutuhan dan materi yang diajarkan.
Meskipun
demikian, dari observasi dan pengamatan penulis masih juga ditemukan beberapa
dosen yang masih enggan menggunakan media atau bisa dikatakan hampir tidak
pernah menggunakan media dalam proses pembelajaran. Lebih dari itu, tidak
jarang pula ditemukan dosen yang masih menggunakan metode lama (ceramah)
sebagai metode yang paling diandalkan tanpa adanya bantuan media sama sekali.
Dari
beberapa hasil pengamatan penulis, hal tersebut diatas mungkin disebabkan oleh
beberapa faktor penghambat antara lain :
a. Kemauan
Kemauan merupakan hal terpenting untuk melakukan
segala macam kegiatan, tanpa adanya kemauan yang muncul dalam diri seseorang,
maka sebaik apapun yang direncanakan atau dikerjakan maka kurang bisa berjalan
maksimal atau bahkan tidak berhasil. Begitu juga dalam memanfaatkan media blog,
kurang adanya kemauan yang tinggi dalam diri dosen atau mahasiswa dalam
memanfaatkannya maka akan berpengaruh pada pelaksanaannya. Seperti percakapan
penulis dengan seorang dosen sebagai berikut :
“Kami telah berusaha dan berupaya sekuat tenaga
dalam pengadaan dan pelatihan blog bagi dosen, mahasiswa dan staf pegawai
bahkan secara gratis, namun pada kenyataan nya kegiatan tersebut kurang bisa
berjalan dengan maksimal, karena kebanyakan dari mereka jarang yang hadir,
waktu pelatihan yang terlalu singkat”
Berdasarkan percakapan penulis diatas, maka untuk
menumbuhkan kemauan dalam diri masing-masing dosen adalah hal yang perlu
diutamakan, sebelum mengasah atau mengembangkan kemampuan dalam memanfaatkan
media ICT khususnya media blog.
b. Biaya
(Dana)
Biaya juga merupakan kebutuhan utama dalam
kelancaran dan pengadaan suatu media. Pada dasarnya pemanfaatan media baik
sebagai media informasi ataupun sebagai media belajar selalu terkait dengan
biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap individu.
Blog merupakan bagian dari ICT yang dalam
penggunaannya harus terkoneksi dengan internet, sehingga apabila seseorang
ingin memanfaatkan media blog maka ia harus rela menyisihkan uang untuk sekedar
membeli modem dan pulsa.
Selama ini dosen-dosen yang menggunakan dan
memanfaatkan media blog semuanya masih menggunakan biaya sendiri (Mandiri) dan
atas inisiatif sendiri. Hal ini dikarenakan belum ada biaya dan dukungan dari
lembaga untuk pengembangannya. Berdasarkan hasil percakapan penulis dengan
beberapa orang dosen maka dapat disimpulkan : “ Kalau berbicara tentang media
blog, yang menjadi hambatan utamanya adalah masalah biaya, yakni untuk beli
modem atau hanya sekedar membeli pulsa, selain hambatan tersebut juga
dibutuhkan kelonggaran waktu menulis ditengah kesibukan mengajar. Jadi selama
ini setiap dosen hanya menggunakan laptop dan LCD saja, belum sampai
menggunakan atau memanfaatkan blog, hanya sebagaian saja yang telah menggunakan
atau memanfaatkan media blog seperti yang telah penulis paparkan pada jilid 1
artikel ini “.
Menggunakan blog sebenar nya tidak memerlukan biaya
yang terlalu tinggi dan mahal, bisa dikatakan bahwa memanfaatkan media blog
tidak akan sampai menguras kantong seorang dosen jika dilakukan dengan benar,
karena koneksi yang dibutuhkan tidak harus terus menerus, koneksi dibutuhkan
hanya pada saat mengunggah, mengunduh file atau memberikan tanggapan dan
komentar dari respon blog yang telah ditulis.
c. Waktu
Kegiatan utama dalam mengelola sebuah media blog
adalah menulis, meng-upload aapa saja dan menautkan blog penguna dengan
link-link yang diinginkan dengan tujuan untuk menginformasikan kepada orang
lain ddan pembaca. Berkaitan dengan masalah waktu, bisa dikatakan sebagai
kendala yang tidak boleh diacuhkan atau diremehkan, karena ini merupakan kendal
yang paling banyak dikeluhkan oleh para dosen.
Menyempatkan waktu luang untuk menulis sebuah karya
yang layak dibaca oleh mahasiswa sebagai tambahan pengetahuan, wawasan atau
bahkan sumber belajar merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, karena
berdasarkan pengamatan penulis setiap dosen memiliki jadwal kegiatan mengajar
yang bisa dikatakan lumayan padat, sehingga dalam hikmahnya seorang dosen juga
harus melakukan pengabdian dan penelitian selain dari pada mengajar.
d. Dosen
kurang terampil dalam mengoperasikan media blog
Pengamatan penulis dilapangan menunjukkan bahwa
masih banyak ditemukan dosen yang mengeluh dan merasa kurang terampil dalam
mengelola dan mengoperasikan media blog. Secara teknis, media blog tidak lah
sulit karena tidak memerlukan pengetahuan tentang bahasa pemograman yang rumit.
Pembuatan blog dapat dilakukan dengan mengakses beberapa website penyedia
layanan pembuatan blog online yang ada di internet kemudia mengisi slot-slot
yang sudah ada seperti hal nya mengetik seperti biasa.
Dalam sebuah jurnal yang penulis baca dengan judul “
The E-Learning Developer ” disebutkan
bahwa ada 2 alasan dasar yang menjadikan media blog menarik, yaitu :
- Media blog mudah untuk disetel dan
digunakan terutama untuk tujuan yang bertujuan dalam hal membagikan informasi
yang dan pandangan yang kita pikirkan.
- Sedikit atau bahkan bisa dikatakan bahwa
membuat dan mengoperasikan media blog tidak dibutuhkan keahlian khusus. Bahkan setiap
weblog bisa benar-benar siap bekerja dan digunakan kurang dari 15 menit.
Berdasarkan pengamatan
penulis pemanfaatan media blog yang digunakan oleh dosen adalah masih
menggunakan pemanfaatan media diluar situasi kelas secara bebas, artinya bahwa
media itu digunakan tanpa kontrol atau diawasi. Namun dosen masih tetap aktif
menganjurkan mahasiswa untuk membuka apa yang telah dia tulis dan memberikan
respon didalamnya.
0 comments:
Post a Comment