Pages

LIFELONG LEARNING - BELAJAR SEUMUR HIDUP

Monday, June 13, 2016

DOSEN HARUS MAMPU MEMANFAATKAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA – Jilid 2

Media yang paling sering digunakan oleh para pendidik atau Dosen dalam proses belajar mengajar adalah video, powerpoint, LCD dan Laptop. Secara umum setiap dosen pastinya memiliki gaya dan metode masing-masing dalam menyampaikan materi yang diajarkan kepada mahasiswa, kemudian memanfaatkan dan memilih media sebagai penunjang yang sesuai dengan kebutuhan dan materi yang diajarkan.

Meskipun demikian, dari observasi dan pengamatan penulis masih juga ditemukan beberapa dosen yang masih enggan menggunakan media atau bisa dikatakan hampir tidak pernah menggunakan media dalam proses pembelajaran. Lebih dari itu, tidak jarang pula ditemukan dosen yang masih menggunakan metode lama (ceramah) sebagai metode yang paling diandalkan tanpa adanya bantuan media sama sekali.

Dari beberapa hasil pengamatan penulis, hal tersebut diatas mungkin disebabkan oleh beberapa faktor penghambat antara lain :
a.    Kemauan
Kemauan merupakan hal terpenting untuk melakukan segala macam kegiatan, tanpa adanya kemauan yang muncul dalam diri seseorang, maka sebaik apapun yang direncanakan atau dikerjakan maka kurang bisa berjalan maksimal atau bahkan tidak berhasil. Begitu juga dalam memanfaatkan media blog, kurang adanya kemauan yang tinggi dalam diri dosen atau mahasiswa dalam memanfaatkannya maka akan berpengaruh pada pelaksanaannya. Seperti percakapan penulis dengan seorang dosen sebagai berikut :

“Kami telah berusaha dan berupaya sekuat tenaga dalam pengadaan dan pelatihan blog bagi dosen, mahasiswa dan staf pegawai bahkan secara gratis, namun pada kenyataan nya kegiatan tersebut kurang bisa berjalan dengan maksimal, karena kebanyakan dari mereka jarang yang hadir, waktu pelatihan yang terlalu singkat”

Berdasarkan percakapan penulis diatas, maka untuk menumbuhkan kemauan dalam diri masing-masing dosen adalah hal yang perlu diutamakan, sebelum mengasah atau mengembangkan kemampuan dalam memanfaatkan media ICT khususnya media blog.

b.   Biaya (Dana)
Biaya juga merupakan kebutuhan utama dalam kelancaran dan pengadaan suatu media. Pada dasarnya pemanfaatan media baik sebagai media informasi ataupun sebagai media belajar selalu terkait dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap individu.

Blog merupakan bagian dari ICT yang dalam penggunaannya harus terkoneksi dengan internet, sehingga apabila seseorang ingin memanfaatkan media blog maka ia harus rela menyisihkan uang untuk sekedar membeli modem dan pulsa.

Selama ini dosen-dosen yang menggunakan dan memanfaatkan media blog semuanya masih menggunakan biaya sendiri (Mandiri) dan atas inisiatif sendiri. Hal ini dikarenakan belum ada biaya dan dukungan dari lembaga untuk pengembangannya. Berdasarkan hasil percakapan penulis dengan beberapa orang dosen maka dapat disimpulkan : “ Kalau berbicara tentang media blog, yang menjadi hambatan utamanya adalah masalah biaya, yakni untuk beli modem atau hanya sekedar membeli pulsa, selain hambatan tersebut juga dibutuhkan kelonggaran waktu menulis ditengah kesibukan mengajar. Jadi selama ini setiap dosen hanya menggunakan laptop dan LCD saja, belum sampai menggunakan atau memanfaatkan blog, hanya sebagaian saja yang telah menggunakan atau memanfaatkan media blog seperti yang telah penulis paparkan pada jilid 1 artikel ini “.

Menggunakan blog sebenar nya tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi dan mahal, bisa dikatakan bahwa memanfaatkan media blog tidak akan sampai menguras kantong seorang dosen jika dilakukan dengan benar, karena koneksi yang dibutuhkan tidak harus terus menerus, koneksi dibutuhkan hanya pada saat mengunggah, mengunduh file atau memberikan tanggapan dan komentar dari respon blog yang telah ditulis.

c.     Waktu
Kegiatan utama dalam mengelola sebuah media blog adalah menulis, meng-upload aapa saja dan menautkan blog penguna dengan link-link yang diinginkan dengan tujuan untuk menginformasikan kepada orang lain ddan pembaca. Berkaitan dengan masalah waktu, bisa dikatakan sebagai kendala yang tidak boleh diacuhkan atau diremehkan, karena ini merupakan kendal yang paling banyak dikeluhkan oleh para dosen.

Menyempatkan waktu luang untuk menulis sebuah karya yang layak dibaca oleh mahasiswa sebagai tambahan pengetahuan, wawasan atau bahkan sumber belajar merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, karena berdasarkan pengamatan penulis setiap dosen memiliki jadwal kegiatan mengajar yang bisa dikatakan lumayan padat, sehingga dalam hikmahnya seorang dosen juga harus melakukan pengabdian dan penelitian selain dari pada mengajar.

d.   Dosen kurang terampil dalam mengoperasikan media blog
Pengamatan penulis dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak ditemukan dosen yang mengeluh dan merasa kurang terampil dalam mengelola dan mengoperasikan media blog. Secara teknis, media blog tidak lah sulit karena tidak memerlukan pengetahuan tentang bahasa pemograman yang rumit. Pembuatan blog dapat dilakukan dengan mengakses beberapa website penyedia layanan pembuatan blog online yang ada di internet kemudia mengisi slot-slot yang sudah ada seperti hal nya mengetik seperti biasa.

Dalam sebuah jurnal yang penulis baca dengan judul “ The E-Learning Developer ” disebutkan bahwa ada 2 alasan dasar yang menjadikan media blog menarik, yaitu :
-  Media blog mudah untuk disetel dan digunakan terutama untuk tujuan yang bertujuan dalam hal membagikan informasi yang dan pandangan yang kita pikirkan.
-    Sedikit atau bahkan bisa dikatakan bahwa membuat dan mengoperasikan media blog tidak dibutuhkan keahlian khusus. Bahkan setiap weblog bisa benar-benar siap bekerja dan digunakan kurang dari 15 menit.

Berdasarkan pengamatan penulis pemanfaatan media blog yang digunakan oleh dosen adalah masih menggunakan pemanfaatan media diluar situasi kelas secara bebas, artinya bahwa media itu digunakan tanpa kontrol atau diawasi. Namun dosen masih tetap aktif menganjurkan mahasiswa untuk membuka apa yang telah dia tulis dan memberikan respon didalamnya.

0 comments:

Post a Comment