Pages

LIFELONG LEARNING - BELAJAR SEUMUR HIDUP

Sunday, June 12, 2016

DOSEN HARUS MAMPU MEMANFAATKAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA – Jilid 1

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pemikiran, perasaan, perhatian sehingga proses belajar mengajar akan terjadi dalam rangka peningkatan mutu proses kegiatan belajar mengajar. Memanfaatkan media terdapat beberap prinsip didalam nya, antara lain yaitu :

 1. Dosen hendaknya mampu dan menguasai teknik-teknik dari suatu media yang digunakan.
Sesuai dengan pengamatan penulis diketahui bahwa kemampuan dosen dalam memanfaatkan media blog dapat di kelompokkan menjadi beberapa golongan, yaitu :

   a.    Dosen yang aktif dalam memanfaatkan media blog
Yaitu dosen yang memiliki blog pribadi, masih aktif menulis dalam blog, dan sering memanfaatkan blog sebagai salah satu media pembelajaran, serta terampil dalam mengoperasikan media blog.
Dalam hal ini, ada beberapa alasan dan motivasi yang membuat mereka tetap aktif dalam memanfaatkan media blog, antara lain adalah adanya harapan bahwa mahasiswa yang mereka ajar memiliki wawasan pengetahuan baru, memberikan kemudahan kepada mahasiswa diluar jam-jam kuliah, apa yang mereka tulis dalam blog bisa di jadikan sebagai wujud ekspresi perkuliahan yang mungkin berguna bagi mahasiswa, serta mereka menganggap bahwa menulis artikel adalah bagian dari media untuk sharing gagasan  kepada semua kolega, mahasiswa dan pembaca, sehingga dengan menulis diharapkan tetap bisa menjaga komunikasi dan berdiskusi

b.      Dosen yang kurang aktif dalam memanfaatkan media blog
Yaitu dosen yang memiliki blog pribadi, namun jarang atau hampir tidak pernah memanfaatkan media blog nya untuk menulis maupun digunakan sebagai media pembelajaran, dan kurang terampil dalam mengoperasikan media blog. Hal ini dikarenakan mereka khawatir bahwa pendekatan humanis antara dosen dan mahasiswa kurang, kemudian pertimbangan terhadap kemampuan mahasiswa yang berasal dari lingkungan dan pengetahuan yang berbeda-beda dalam memanfaatkan dan mengoperasikan blog, serta terkadang dosen dalam kelompok ini menggunakan alternatif media social network lain dalam berkomunikasi jika memang di perlukan.

c.       Dosen yang tidak aktif dalam memanfaatkan media blog
Yaitu dosen yang sama sekali tidak memiliki blog apalagi memanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran dan belum bis mengoperasikan media blog. Diantara hal-hal yang menjadi pertimbangan kenapa mereka tidak aktif memanfaatkan media blog adalah sempitnya waktu yang mereka miliki untuk menulis akibat padat nya jadwal dalam kegiatan sehari-hari, selain itu adanya kekhawatiran bahwa budaya copypaste akan tumbuh subur dan menjamur dikalangan mahasiswa terutama dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah yang akan menghambat perkembangan kreativitas mahasiswa. Oleh karena alasan tersebut maka kebanyakan dosen termasuk dalam kelompok ini dari pada kelompok-kelompok sebelumnya. Dari hasil pengamatan penulis ditemukan adanya beberapa mahasiswa yang lebih suka copypaste dengan memanfaatkan blog orang lain dalam menyelesaikan tugas kuliah dari dosen.

Jadi bisa dikatakan bahwa tidak semua dosen mampu aktif memanfaatkan media ICT khususnya dalam memanfaatkan media blog dalam proses pembelajaran yang mereka lakukan. Sedangkan jika dipresentasikan sesuai data lapangan, maka bisa dikatakan bahwa kurang lebih hanya 15%  dosen yang memiliki akun blog dan aktif menggunakannya.


0 comments:

Post a Comment