Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pemikiran, perasaan,
perhatian sehingga proses belajar mengajar akan terjadi dalam rangka
peningkatan mutu proses kegiatan belajar mengajar. Memanfaatkan media terdapat
beberap prinsip didalam nya, antara lain yaitu :
1. Dosen
hendaknya mampu dan menguasai teknik-teknik dari suatu media yang digunakan.
Sesuai dengan pengamatan penulis diketahui bahwa
kemampuan dosen dalam memanfaatkan media blog dapat di kelompokkan menjadi
beberapa golongan, yaitu :
a. Dosen
yang aktif dalam memanfaatkan media blog
Yaitu dosen yang memiliki blog pribadi, masih aktif
menulis dalam blog, dan sering memanfaatkan blog sebagai salah satu media
pembelajaran, serta terampil dalam mengoperasikan media blog.
Dalam hal ini, ada beberapa alasan dan motivasi yang
membuat mereka tetap aktif dalam memanfaatkan media blog, antara lain adalah
adanya harapan bahwa mahasiswa yang mereka ajar memiliki wawasan pengetahuan
baru, memberikan kemudahan kepada mahasiswa diluar jam-jam kuliah, apa yang
mereka tulis dalam blog bisa di jadikan sebagai wujud ekspresi perkuliahan yang
mungkin berguna bagi mahasiswa, serta mereka menganggap bahwa menulis artikel adalah
bagian dari media untuk sharing gagasan
kepada semua kolega, mahasiswa dan pembaca, sehingga dengan menulis
diharapkan tetap bisa menjaga komunikasi dan berdiskusi
b. Dosen
yang kurang aktif dalam memanfaatkan media blog
Yaitu dosen yang memiliki blog pribadi, namun jarang
atau hampir tidak pernah memanfaatkan media blog nya untuk menulis maupun digunakan
sebagai media pembelajaran, dan kurang terampil dalam mengoperasikan media
blog. Hal ini dikarenakan mereka khawatir bahwa pendekatan humanis antara dosen
dan mahasiswa kurang, kemudian pertimbangan terhadap kemampuan mahasiswa yang
berasal dari lingkungan dan pengetahuan yang berbeda-beda dalam memanfaatkan
dan mengoperasikan blog, serta terkadang dosen dalam kelompok ini menggunakan
alternatif media social network lain dalam berkomunikasi jika memang di
perlukan.
c. Dosen
yang tidak aktif dalam memanfaatkan media blog
Yaitu dosen yang sama sekali tidak memiliki blog
apalagi memanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran dan belum bis
mengoperasikan media blog. Diantara hal-hal yang menjadi pertimbangan kenapa
mereka tidak aktif memanfaatkan media blog adalah sempitnya waktu yang mereka
miliki untuk menulis akibat padat nya jadwal dalam kegiatan sehari-hari, selain
itu adanya kekhawatiran bahwa budaya copypaste akan tumbuh subur dan menjamur
dikalangan mahasiswa terutama dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah yang akan
menghambat perkembangan kreativitas mahasiswa. Oleh karena alasan tersebut maka
kebanyakan dosen termasuk dalam kelompok ini dari pada kelompok-kelompok
sebelumnya. Dari hasil pengamatan penulis ditemukan adanya beberapa mahasiswa
yang lebih suka copypaste dengan memanfaatkan blog orang lain dalam
menyelesaikan tugas kuliah dari dosen.
Jadi
bisa dikatakan bahwa tidak semua dosen mampu aktif memanfaatkan media ICT
khususnya dalam memanfaatkan media blog dalam proses pembelajaran yang mereka
lakukan. Sedangkan jika dipresentasikan sesuai data lapangan, maka bisa
dikatakan bahwa kurang lebih hanya 15%
dosen yang memiliki akun blog dan aktif menggunakannya.
0 comments:
Post a Comment