Pages

LIFELONG LEARNING - BELAJAR SEUMUR HIDUP

Saturday, June 18, 2016

DOSEN HARUS MAMPU MEMANFAATKAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA – Terakhir

Fasilitas semegah dan secanggih apapun tidak akan dapat dimanfaatkan secara maksimal jika dosen tidak terampil dalam menggunakannya. Agar pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi dapat dilakukan secara optimal. Disinilah peran penting kemampuan pendidik atau dosen dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi  khususnya dalam memanfaatkan media blog dengan tujuan memperkaya materi pelajaran, dan menjadikan sumber motivasi bagi anak didik. Kemampuan pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan peserta didik dalam mencapai kompetensi yang diharapkan (dalam buku Jamal Ma’ruf) dan menurut Prof. Sudarwan Danim juga menyebutkan, pendidik yang profesional mampu membangkitkan citra diri pada anak didiknya.

Jadi peran dan dampak memanfaatkan media blog dalam meningkatkan kreatifitas mahasiswa, berdasarkan hasil pengamatan penulis dilapangan terdapat kelebihan dan kelemahan diantaranya :
1.    Kelebihan,
a.   Waktu dan temapat (media blog memungkinkan proses belajar mengajar dimanapun dan kapan saja)
b.   Media juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana sumber belajar
c.    Sebagai peenyalur informasi yang cepat
d.   Media blog dapat menumbuhkan sikap positif siswa dan belajar mandiri
2.    Kelemahan,
a.   Kurangnya pendekatan humanis
b.   Dosen kurang bisa mengontrol blog mahasiswa
c.    Media blog rawan hacker

Beberapa peran penting media blog bagi dosen agar dapat dimanfaatkan secara optimal bagi seluruh pengunjung blog di dunia khusus nya mahasiswa, dimana peran-peran media blog dalam pembelajaran diantaranya :
a.   Kelas pembelajaran online
b.   Lemari arsip (E-Portofolio)
c.    Perpustakaan pribadi
d.   Sumber belajar
e.   Informator
f.     Media interaksi komunikatif
g.    Temapt pembelajaran kolaboratif

Dari beberapa peran media blog diatas, dapat diketahui bahwa secara umum media blog mempunyai empat peran penting dalam meningkatkan kreatifitas mahasiswa, yaitu :
  1. Media blog berperan dalam menunjang pembelajaran.
  2. Media blon berperan dalam membantu mahasiswa berinteraksi dengan orang lain, dengan memanfaatkan media blog mahasiswa bisa terlibat percakapan atau diskusi dengan dosen dan para ahli dalam bidang tertentu.
  3.  Media blog berperan dalam membantu mahasiswa belajar mandiri, proses pembelajaran yang biasanya menggunakan teacher centered dengan memanfaatkan media blog bisa diupayakan dengan model student centered
  4.  Media blog berperan dalam membantu mahasiswa untuk berani menuangkan hasil karya mereka. Sehingga mahasiswa mempunyai tanggung jawab terhadap apa yang telah dia tulis dihadapan banyak orang yang membaca blog mereka.


Medlihat penting dan bermanfaatnya media blog dalam bidang pembelajaran ataupun serta semakin berkembang nya teknologi informasi dan komunikasi didunia pendidikan khususnya, tentunya mempunyai dampak dalam hal pemanfaatan media blog. Teknologi bisa di ibaratkan sebagai pisau bermata dua, bisa digunakan untuk memotong namun juga melukai jika tidak digunakan secara berhati-hati.

Berikut penulis menuliskan beberapa dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh media blog bagi kreatifitas mahasiswa, yaitu :
a.   Dampak Positif
1.    Memotivasi mahasiswa untuk mencari sumber informasi, refrerensi dan sumber belajar lain secara cepat
2.    Mendorong mahasiswa untuk menciptakan atau memberikan informasi.
3.    Menddorong mahasiswa untuk menjadi pembaca dan pemikir yang kritis
4.    Hemat waktu
b.   Dampak Negatif
1.    Hak cipta.
2.    Kurang kontrol kualitas.
3.    Jika pembelajaran dengan memanfaatkan blog sering dilakukan tanpa diimbangi dengan pembelajaran secara konvensional (tatap muka langsung) maka akan menyebabkan kurangnya pendekatan secara langsung oleh dosen kepada mahasiswa.

Berdasarkan artikel penulis tentang DOSEN HARUS MAMPU MEMANFAATKAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA yang telah di publish mulai dari jilid 1 – Terakhir, maka dapat penulis ambil kesimpulan sebagai berikut :
a.   Dosen yang aktif dalam memanfaatkan media blog, yaitu dosen yang memiliki blog pribadi, masih aktif menulis dalam blog dan sering memanfaatkan blog sebagai salah satu media pembelajaran serta terampil dalam mengoperasikan media blog
b. Dosen yang kurang aktif dalam memanfaatkan media blog, yaitu dosen yang memiliki blog pribadi, namun jarang atau hampir tidak pernah memanfaatkan media blognya untuk menulis maupun digunakan sebagai media pembelajaran, dan kurang terampil dalam mengoperasikan media blog.
c.   Dosen yang tidak aktif dalam memanfaatkan media blog, yaitu dosen yang sama sekali tidak memiliki blog apalagi memanfaatkannya sebagai salah satu media pembelajaran dan belum bisa mengoperasikan media blog.

Jadi, bisa dikatakan bahwa tidak semua dosen mampu aktif memanfaatkan media ICT
khususnya dalam memanfaatkan media blog dalam proses pembelajaran yang mereka lakukan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor penghambat yaitu : kemampuan dalam diri masing-masing individu, biaya dalam pelaksanaan, waktu luang untuk mengisi materi diblog, kurang terampil dalam mengoperasikan media blog atau bahkan kurang terampil dalam mengoperasikan komputer.

Demikian artikel tentang DOSEN HARUS MAMPU MEMANFAATKAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA  yang dapat penulis tuliskan, mohon masukan dan saran serta komentarnya demi perkembangan pendidikan. Dan beberapa saran dari penulis, yaitu :
  1. 1. Khususnya dosen hendaknya terbuka terhadap perkembangan teknologi serta memanfaatkannya untuk kepentingan pembelajaran. Dosen juga harus terus meningkatkan berbagai macam kemampuan mengajar, khususnya dalam memanfaatkan media pembelajaran yang dapat dilakukan secara sistematis baik berdasarkan pembinaan secara struktural maupun dari prakarsa dosen itu sendiri.
  2. 2.  Dan bagi lembaga pendidikan, kegiatan-kegiatan pengembangan kemampuan dan keterampilan bagi dosen dan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi informasi perlu terus dilakukan secara rutin. Disamping itu penyediaan perangkat pendukung dan jaringan internet harus disediakan dan ditingkatkan lagi, untuk memberi kemudahan dosen dan mahasiswa dalam mengakses informasi serta mengaktualisasikan tulisannya melalui blog.

0 comments:

Post a Comment