Pages

LIFELONG LEARNING - BELAJAR SEUMUR HIDUP

Monday, July 18, 2016

MANFAAT BLOG DOSEN BAGI PESERTA DIDIK



Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger
pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

Blog dapat dikategorikan sebagai e-learning, dalam tulisannya Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas dosen di sebuah universitas rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata kuliah yang di ampu masing-masing dosen. Kemudian ada mahasiswa yang mengakses blog tersebut, Si mahasiswa mengisi comment di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa di batasi sebuah protokoler antara dosen dan mahasiswa. Dalam hitungan saat ini jumlah mata kuliah di universitas kurang lebih dari 122 macam. Jadi jika setiap universitas ada dosen yang aktif ngeblog untuk 1 fokus mata kuliah tertentu maka pendidikan Indonesia dengan cepat majunya. Sebab isi blog bisa apa saja, bahkan akan sangat menggigit.

Kekuatan blog dalam dunia dalam dunia pendidikan
  • Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
  • Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
  • Bukti portofolio seorang dosen terkait profesionalitasnya
  • Relatif lebih hemat biaya
  • Menembus ruang & waktu
  • Bebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan tidak tertulis)
  • Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat
  • Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif dan dosen pun juga dapat mengecek tugas mahasiswa nya dengan cara membuat tugasnya di blog dan dengan begitu dosen dapat melihat tugas mahasiswa dengan praktis dan dapat mengakses nilai mahasiswa tersebut dengan mudah. kemudian mahasiswa juga dapat merasakan manfaat dari blog jika ada tugas ia bisa melihat dari blog dosen yang bersangkutan (jika dosen tersebut memiliki blog)
Media blog dapat digunakan sebagai salah suatu media pembelajaran yang sangat efektif, perubahan system informasi yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi menyebabkan terjadinya penyesuaian terhadap system pembelajaran disemua tingkatan latar belakang pendidikan. Tidak terkecuali dengan pembelajaran bagi mahasiswa dikampus, di era modern sekarang ini sering dgunakan media blog dalam suatu pembelajaran, salah satu contohnya pada mahasiswa FIKOM terdapat mata kuliah PTI (pengantar teknologi informasi) yang menggunakan media blog, namun masih dalam taraf proses pengenalan, karena mungkin hanya tugas-tugas dan petunjuk atau tutorial dalam menjalankan blog saja.

Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas dosen di sebuah universitas rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata kuliah yang di entri masing-masing dosen. Kemudian ada mahasiswa yang mengakses blog tersebut, Si mahasiswa mengisi comment di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa di batasi sebuah protokoler antara dosen dan mahasiswa.

Dan juga sebuah blog bisa juga dimanfaatkan untuk melatih mahasiswa dalam mengikuti ujian berbasis online, misalnya dosen membuat quis atau mitem secara online dengan menginputkan soal di blog dosen, jadi si mahasiswa dapat mengakses blog dosen tersebut untuk mengikuti ujian secara online, dan manfaat lainnya mahasiswa dapat melihat nilai hasil ujian mereka setelah mereka mengikuti ujian tersebut, dan manfaat bagi dosen juga dapat langsung mengakses nilai mahasiswa dan juga menringankan tugas dosen dalam memeriksa lembar jawaban mahasiswa.

0 comments:

Post a Comment